Tips Memilih Mouse Gaming Yang Tepat

Gaming mouse adalah alat yang cukup penting jika kalian bermain di game PC. Kalian bisa memainkan berbagai game seperti PUBG atau Counter Strike dengan mudah dan nyaman dengan gaming mouse ini.

Namun, ada beberapa istilah asing yang mungkin sulit dipahami oleh para gamer pamula. Misalnya DPI, IPS, polling rates, dan sebagainya.

Penggunaan gaming mouse saat bermain game PC tidak dapat dipisahkan. Berbeda dengan mouse biasa, gaming mouse memiliki tombol makro, bobot, dan sensitivitas khusus agar lebih optimal untuk bermain game.

Pada saat bermain game FPS (first person shooter), diperlukan kontrol mouse yang tepat. Dengan memakai gaming mouse yang mudah diklik dan memiliki sensitivitas tinggi, Anda bisa bermain dengan lebih nyaman.

Pada game MMO (massively multiplayer online) yang memerlukan banyak action skill, memilih gaming mouse dengan berbagai tombol makro akan mempermudah permainan.

Sebenarnya, bermain dengan mouse biasa bisa bisa saja. Namun, jika kalian ingin meningkatkan performa bermain, mouse gaming menjadi cukup penting.

Secara garis besar, gaming mouse dibedakan menjadi dua jenis, yaitu untuk FPS dan untuk MMO. Berhubung setiap jenis mouse memiliki karakteristik berbeda, pilihlah berdasarkan tipe game yang Anda mainkan.

Nah, sebelum membeli mouse gaming, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dulu. Apa saja? Yuk simak di bawah.

1.Untuk Game FPS: Perhatikan DPI, Polling Rate, Dan IPS

Untuk Game FPS: Perhatikan DPI, Polling Rate, Dan IPS

Dalam game FPS, penting untuk bisa membidik target dengan cepat agar tembakan Anda semakin akurat. Mari perhatikan karakteristik mouse yang tepat untuk game tipe ini.

DPI (dots per inch) merupakan angka yang menunjukkan jumlah titik yang dicapai ketika mouse digerakkan sejauh satu inci.

Semakin tinggi DPI-nya, semakin cepat pula pergerakan kursor. Jadi, Anda dapat menjalankan karakter lebih cepat dengan sedikit gerakan tangan saja. Dengan begitu, tangan Anda pun jadi tidak mudah lelah.

Di sisi lain, bila menggunakan mouse dengan DPI rendah, Anda dapat membidik lebih tepat dan mudah. Jika Anda memainkan beberapa jenis game berbeda, pilihlah mouse yang dapat diubah DPI-nya.

Dengan memakai mouse semacam ini, Anda dapat menikmati bermain game FPS maupun MMO dengan nyaman.

Selain DPI, terdapat pula istilah CPI (counts per inch). Namun, secara garis besar istilah ini menunjukkan keterangan yang sama dengan DPI.

Polling rate merupakan jumlah informasi yang dikirim dari mouse pada PC per detik. Makin tinggi angkanya, makin cepat juga informasi yang ditangkap PC saat tombol ditekan. Tentunya dengan polling rate yang tinggi dapat meningkatkan keunggulan Anda saat bermain.

Pada permainan FPS seperti PUBG atau Counter-Strike, musuh akan terus bergerak. Jadi, pemilihan waktu menembak dan bersembunyi sangatlah penting. Tentu akan sangat mengesalkan jika Anda kalah akibat respons yang lambat dari mouse.

Secara umum, mouse dengan polling rate yang tinggi akan sangat berguna. Namun, mouse berkecepatan tinggi yang menerima terlalu banyak pergerakan tangan dapat membuat kursor bergerak dengan sendirinya.

Seperti halnya DPI, mouse dengan fitur pengaturan polling rate pastinya akan lebih fungsional untuk berbagai permainan.

IPS (inches per second) atau tracking speed merupakan nilai angka yang menunjukkan seberapa cepat mouse merespons gerakan Anda.

Jika IPS-nya tinggi, tentu menggerakkan kursor menjadi lebih lancar bahkan pada saat kecepatan tinggi. Sebaliknya, mouse dengan IPS rendah akan lambat merespons meski Anda gerakkan dengan cepat.

Pada game FPS yang membutuhkan refleks, angka IPS merupakan hal yang penting. Gaming mouse standar umumnya memiliki sekitar 50 IPS.

Sedangkan pada gaming mouse berperforma tinggi, terdapat produk dengan nilai IPS lebih dari 400. Jika Anda membeli mouse dengan IPS tinggi, tentunya akan sangat menguntungkan dalam permainan.

2.Untuk Game MMO: Makin Banyak Side Button, Makin Praktis Pemakaiannya

Untuk Game MMO: Makin Banyak Side Button, Makin Praktis Pemakaiannya

Dalam bermain game MMO, biasanya Anda menggunakan keyboard untuk mengoperasikannya. Gaming mouse yang cocok untuk game MMO adalah produk yang memiliki side button atau tombol makro.

Jika mouse dilengkapi dengan side button yang banyak, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan skill yang telah diinput. Tentunya jumlah shortcut yang diinput tergantung pada masing-masing game.

Namun, jika terdapat banyak shortcut yang ingin Anda input, lebih baik gunakan mouse dengan dua belas side button.

Makin banyak tombol memang akan membuat Anda butuh waktu lebih banyak untuk beradaptasi. Namun, jika sudah terbiasa, bermain akan menjadi lebih mudah karena hanya menggunakan satu tangan.

Perlu dicatat bahwa side button tidak hanya terletak pada sisi mouse saja. Jadi, jangan lupa pastikan mouse dengan posisi side button yang nyaman bagi Anda.

Nah, itulah beberapa tips memilih mouse gaming yang cocok untuk kalian. Semoga bermanfaat.